Senin, 29 Maret 2010

Acne

jerawat atau Acne vulgaris merupakan gangguan pada kulit yang bersifat kronik, ditandai dengan penyempitan atau penyumbatan muara saluran kelenjar lemak yang mengakibatkan lemak tidak dapat keluar dan tertimbun, dan kemudian dapat terjadi radang.

Karena kelenjar lemak banyak terdapat di dada, leher, punggung, pundak, dan muka kita maka jerawat juga terdapat di bagian-bagian badan tersebut. Penyempitan atau penyumbatan muara saluran lemak tersebut, disebabkan oleh peningkatan aktiviyas kelenjar lemak.

Pada masa pubertas, baik wanita maupun pria menghasilkan hormon Androgen, dan 90% diantara kita sensitif terhadap hormon tersebut dengan akibat peningkatan aktivitas kelenjar lemak. Saluran kelenjar lemak dilapisi oleh jaringan epitel, dan jika sel-selnya terlepas akan terbawa bersama-sama dengan aliran lemak. Karena peningkatan aktivitas kelenjar lemak, maka dapat terjadi akumulasi sel-sel tersebut dan menyumbat muara saluran kelenjar lemak dan terjadilah jerawat yang masih tertutup. Sumbatan tersebut akan membesar, menonjol keluar dari permukaan kulit dan ujungnya berwarna hitam karena mengandung Melamin. Peradangan dapat terjadi di sekeliling jerawat dan juga dapat timbul abses di bawah kulit, yang dapat mengakibatkan dapat meninggalkan bekas-bekas luka yang permanen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar